Mengatasi Reuploader Yang Suka Reupload Youtube Konten Tanpa Izin!

By | August 2, 2019

Kini mengatasi “Reuploader” yang suka reupload Youtube konten tanpa izin bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan pihak youtube sudah membuatkaan fitur khusus yang namanya “Copyright Match”. Fitur dari youtube ini akan sangat berguna buat kamu content creator yang kesel karena video kamu sering diupload atau diunggah lagi sama orang lain tanpa ijin.

Saya tahu, bikin konten itu susah. Jadi ya suka kesel kalau video yang bikin sendiri seenaknya diupload lagi sama orang. Ada yang diupload ulang tanpa edit, ada yang diupload ulang musiknya diganti dan di voice over lagi. Bikin video itu capek, perlu keluar biaya untuk mengambil footage, perlu belasan jam buat edit.

Lha kok diupload sama yang suka reupload Youtube konten seenaknya. Lalu adsense saya gimana? Mungkin karena penghasilan dari Google Adsense sekarang ini makin gurih, jadi makin banyak juga yang pake cara cepat dengan menjadi reuploader. Salah satu korban reupload paling banyak di channel youtube saya youtube.com/catperku adalah video jalan-jalan saya di Jogja dibawah ini. Mungkin karena memang trafficnya yahut, jadi bikin orang pengen reupload.

 

Sampai sekarang ini sudah ada belasan video yang saya laporkan ke Youtube karena reupload video diatas tanpa ijin. Dan tentu saja semuanya kena take down Youtbe. Kalau begini, saya makin semangat fokus bikin konten di Youtube. Karena ekosistem Youtube sangat terjaga dengan baik, terutama untuk para konten kreator.

(Baca Juga : Pengalaman Berkunjung Ke Kantor Google Indonesia)

Lalu Cara Mengatasi Reuploader Yang Suka Reupload Youtube Konten Tanpa Izin Gimana Sih?

Sistem bernama Copyright Match ini dibuat oleh pihak Youtube untuk menemukan video milik para konten kreator yang diunggah ulang oleh pengguna lain. Sudah tahu kan pengguna lain yang suka reupload Youtube konten ini biasa dikenal dengan reuploader.

Cara kerjanya adalah, algoritma YouTube nanti akan memindai video yang ada di Youtube dan mencari tahu apakah terdapat video lain yang mirip atau sama dengan video sang konten kreator. Nah, ketika ada video yang mirip dengan video asli, video tersebut akan muncul pada bagian tab “matches” yang tersedia di fitur Copyright Match ini.

Saya sendiri sudah menggunakan fitur ini sejak beberapa waktu lalu, dan merasakan manfaatnya. Bahkan bisa dibilang tools ini sangat hebat, karena bisa menemukan video saya yang diupload orang lain dengan cepat. Rekornya sih, Youtube bisa menemukan video saya yang baru saja dua hari direupload orang lain.

(Baca Juga : Software Video Editor Gratis Nan Legal)

Canggih sih ini! Dan saya bakal rutin melihat fitur Copyright Match ini. Paling tidak sebulan sekali saya bakalan cek. Fitur ini konon dibuat Youtube, untuk lebih efektif menemukan video direupload ulang secara penuh. Jika hanya sebagian kecil dari video konten kreator yang diunggah, atau cuplikan saja, kamu bisa melaporkannya pada halaman khusus untuk mengirim keluhan terkait hak cipta.

Selain itu memang ada lagi hukum yang namanya “Fair Use”, yang membuat reuploader bisa menggunakan video kamu tanpa kena masalah hak cipta. Namun biasanya penggunaan video tersebut tidak panjang, dan rata-rata kurang dari 15 detik. Kalau mau tahu lebih detail tetang fair use Youtube, bisa klik disini. Karena saya tidak membahas lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Terus, melanjutkan ke masalah fitur Copyright Match Youtube. Ketika sistem menemukan kecocokan, video akan muncul di tab “Matches”. Setelah itu terserah kamu apakah video tersebut kamu biarkan, atau kamu laporkan. Bisa juga kamu menghubungi sang reuploader tersebut terlebih dahulu, dan meminta dia untuk menghapus kontennya.

Karena kalau kamu langsung melaporkan ke pihak youtube, sudah pasti video juga tetap akan dihapus oleh pihak youtube. Namun, ada kemungkinan sang reuploader akan langsung kena “Strike” satu kali. Sudah pada tahu kan kalau kena Strike 3 kali, channel Youtube kamu bakal di non aktifkan oleh youtube?

(Baca Juga : Cara Dapat Uang Dari Blog Gimana Sih?)

Tutorial Melaporkan Reuploader Yang Suka Reupload Youtube Konten Tanpa Izin

Ini adalah langkah mudah cara melaporkan reuploader yang suka reupload Youtube konten tanpa ijin.

Fitur youtube Copyright Match yang sangat efektif untuk digunakan melawan reuploader yang suka reupload Youtube konten.

Fitur youtube Copyright Match yang sangat efektif untuk digunakan mengatasi reuploader yang suka reupload Youtube konten.

1. Buka Dashboard Youtube Studio Kamu

2. Pilih Menu Copyringht

3. Pada bagian tab “Matches” akan muncul daftar video kamu yang telah diupload lagi oleh orang lain

4. Pada daftar akan ada 3 pilihan “Move to Archive” , “Request Video Removal”, dan “Contact Channel. Contact Channel ini untuk kamu yang ingin menghubungi sang reuploader terlebih dahulu, sehingga mereka bisa menghapus manual. Kalau saya nggak mau repot, biasanya langsung pilih menu “Request Video Removal” saja.

Form request removal di fitur Copyright Match.

Form request removal di fitur Copyright Match.

Setelah kirim form request removal akan diemail seperti ini.

Setelah kirim form request removal akan diemail seperti ini.

5. Nanti kalau sudah dihapus oleh Youtube, kamu akan diberitahu lewat email seperti dibawah ini

Kalau video sudah dihapus akan diinformasikan oleh Youtube lewat email seperti ini.

Kalau video sudah dihapus akan diinformasikan oleh Youtube lewat email seperti ini.

Nah, bagaimana menurutmu mengenai fitur youtube “Copyright Match” yang sangat efektif untuk digunakan mengatasi reuploader yang suka reupload Youtube konten tanpa ijin ini? Kamu pernah menggunakananya? Silahkan berpendapat di kolom komentar yang ada dibawah ya!

One thought on “Mengatasi Reuploader Yang Suka Reupload Youtube Konten Tanpa Izin!

  1. NomorDarurat

    Terima kasih infonya, memang kasihan kreator yg udah susah payah bikin tapi justru kadang reuploader yg punya view banyak

    Reply

Leave a Reply