Pengalaman Berkunjung Ke Kantor Google Indonesia Terbaru! (Menghadiri Acara Google Question Hub Open House!)

By | October 5, 2018

Jadi sebenarnya bukan sekali saja saya ada kesempatan main ke Kantor Google Indonesia. Dulu saya pernah main ke Kantor Google Indonesia, waktu mereka masih berada di Gedung Sentral Senayan II, di dekat Senayan City. Saya masih ingat, saya diundang ke Kantor Google Indonesia di 13 November tahun 2014.

Tapi saya lupa, waktu itu saya diundang dalam rangka apa. Yang saya ingat hanyalah, makanan di Kantor Google Indonesa itu enak enak. Yes, kalau soal makanan saya memang selalu ingat yha. Nah, tahun 2018 ini, siapa sangka saya masih masuk ke dalam radar scouting google. Iya, dapat undangan lagi main ke kantor Mbah Google, dalam rangka menghadiri undangan yang berbeda.

Yha, nggak pake nolak undangannya sih. Apalagi logistik, dalam hal ini akomodasi dan transportasi untuk event yang diadakan di Kantor Google Indonesia ini disupport penuh. Saya tinggal bawa badan saja, transportasi dan akomodasi diatur oleh pihak Google. Nggak rugi deh saya menjadi pengguna setia Google dari pertama kali saya kenal Google pada sekitar tahun 2002.

Undangan Google Question Hub

Undangan Google Question Hub

Pengalaman Berkunjung Ke Kantor Google Indonesia Terbaru!

Pengalaman Berkunjung Ke Kantor Google Indonesia Terbaru!

Kantor Baru Google Indonesia Lebih Luas, Lebih Keren!

Meski saya belum berkesempatan masuk ke bagian dalam lainnya, dan hanya masuk ke loby dan training room saja, kesan kantor Google Indonesia yang baru ini lebih luas jika dibanding dengan kantor yang berada di Gedung Sentral Senayan II dulu. Tentu saja, kantor Google ini selalu menarik untuk di kunjungi. Bahkan jauh lebih menarik dibanding dengan kantor Samsung Indonesia, tempat saya pernah bekerja dulu. Semoga lain kali ada kesempatan melihat bagian ruangan lainnya, karena katanya bagian dalam kantornya itu bagus banget.

Begitu masuk ke lobinya, kesan warna warni dan suasana kreatif langsung terasa. Memang sih, sebagai perusahaan teknologi terkemuka di dunia, kesan kreatif dan inovatif itu adalah sebuah keharusan. Pada bagian pintu masuk ini juga merupakan spot foto paling kece nan instagramable menurut saya.

Seperti ini penampakan lobi kantor baru Google Indonesia

Seperti ini penampakan lobi kantor baru Google Indonesia

Mesin untuk print nametag pengunjung di Lobi Kantor Google Indonesia

Mesin untuk print nametag pengunjung di Lobi Kantor Google Indonesia

Kapan lagi bisa main ke Kantor Baru Google Indonesia

Kapan lagi bisa main ke Kantor Baru Google Indonesia

Kesan pertama saya masuk ke Kantor Google Indonesia adalah, kantor yang pas untuk orang-orang kreatif!

Kesan pertama saya masuk ke Kantor Google Indonesia adalah, kantor yang pas untuk orang-orang kreatif!

Ruangan lobi kantor Google di Indonesia ini cozy banget

Ruangan lobi kantor Google di Indonesia ini cozy banget

Ada layar besar yang menampilkan Google Trends Indonesia

Ada layar besar yang menampilkan Google Trends Indonesia

Tak jauh dari pintu masuk terdapat resepsionis, dan semacam mesin untuk print name tag pengunjung. Iya, kalau berkunjung ke Kantor Google Indonesia itu harus selalu menggunakan name tag ya. Karena kemarin acaranya memang sudah disiapkan, name tag yang bertuliskan nama saya dan sebuah QR Code sudah tercetak dan diletakkan di resepsionis. Jadi saya tinggal mengambilnya saja untuk dipakai.

Acara sendiri masih belum dimulai. Masih ada sekitar satu jam untuk menunggu acara dimulai. Karena itu saya menunggu di salah satu sudut lobi, sambil ngopi. Tak lupa saya meminta password wifi disini, karena memang disediakan wifi khusus untuk para tamu dan pengunjung kantor Google Indonesia. Yah, lumayan kan buat cek in lokasi dan update status ke social media.

Meski baru bagian lobi saja, sudah terlihat bagaimana kerennya kantor Google di Indonesia ini. Misalnya, terdapat sebuah layar super besar pada area kiri lobi, tak jauh dari training room dimana acara akan berlangsung. Layar besar tersebut ternyata menampilkan beberapa kata kunci di Google Search Indonesia secara real-time. Jadi pengen bikin yang kayak gitu, tapi dengan layar kecil saja. Lumayan kan, bisa monitoring kata kunci google yang lagi trending untuk dibuatkan konten?

Sebagai pencinta kopi, wajib cobain semua kopi disini!

Sebagai pencinta kopi, wajib cobain semua kopi disini!

Yhaa, sekalian makan gratis disana XD

Yhaa, sekalian makan gratis disana XD

Menghadiri Question Hub Open House

Kalau terakhir kali main ke acara Google Indonesia dalam rangka event travel, kali ini sepertinya saya datang sebagai webmaster. Karena acaranya adalah pengenalan yang namanya Question Hub, sebuah tools terbaru dari Google untuk para publisher (Adsense), content creator, dan webmaster seperti saya.

Lalu, apa sih Google Question Hub?

Saya datang ke Kantor Google di Indonesia dalam rangka menghadir Google Question Hub Open House.

Saya datang ke Kantor Google di Indonesia dalam rangka menghadir Google Question Hub Open House.

Terus terang, saya sendiri masih agak abu-abu, dan lumayan bingung kalau disuruh menjelaskan secara detail. Soalnya, kemarin saya baru melihat previewnya saja, belum sempat mencoba sendiri. Selain memang masih dalam tahap beta, katanya kemarin, semua yang diundang dalam acara Question Hub Open House bakalan dapat akses, setelah seminggu. Jadi nanti bakalan saya share lagi kira-kira seperti apa sih Google Question Hub itu kalau sudah dapat aksesnya.

Sekarang, saya hanya bisa berbagi kalau Google Question Hub itu adalah sebuah tools terbaru dari Google yang merupakan kumpulan-kumpulan pertanyaan tak terjawab dari Google Search User. Indikasinya gimana, saya juga masih kurang paham. Tapi kalau menurut pandangan saya, Google Question Hub ini sangat berguna untuk mencari inspirasi membuat konten dan artikel. Semacam “Keyword planner” tapi untuk long tail keyword deh.

Dan ini sangat menarik, jadi saya nggak sabar bisa dapat akses mencoba Google Question Hub. Kedepannya, tools ini bakalan open for public juga, kalau semuanya sudah siap. Sekarang sih, masih beberapa orang saja yang bisa akses tools ini.

Vlog Main, Makan Gratis Di Kantor Google Indonesia Yang Baru!

Nggak lengkap rasanya main ke kantor Gogle Indonesia kalau nggak cobain makanannya! Gratis euy! Makanya saya juga bikin vlog ketika main ke Kantor baru Google di Indonesia ini. Untuk record dan editnya cukup pake smartphone saja. Edit vlog pake Adobe Clip seperti yang pernah saya ceritakan di tulisan “Edit Vlog pake apa saja sih?” disini.

Main Ke Kantor Google Di Tahun 2014 Ketika Kantornya Masih Berada Di Gedung Sentral Senayan II



Main Ke Kantor Google Indonesia di Tahun 2018, Kantor Baru Google Indonesia Sekarang Pindah Ke SCBD Area!


8 thoughts on “Pengalaman Berkunjung Ke Kantor Google Indonesia Terbaru! (Menghadiri Acara Google Question Hub Open House!)

  1. Blog Sabda

    masuk harus daftar dulu, dikasih nametag, wahhh seruuu…

    eh btw itu bisa makan sepuasnya…. beberapa waktu yang lalu sempat lihat versi videonya sih dengan host Nagita… pengen deh kerja disana,

    Reply
  2. Bunda Erysha (yenisovia.com)

    Waw keren Mas sampe diundang ama kantor google. Aku juga pengen dong. Tapu sayangnya aku blogger parenting jadi ga ada alasan mereka u/ mengundangku hahaha. Tapi tempatnya enak banget ya sampe kepikiran apa mreka trima fieltrip / karya wisata u/ anak2 sekolah ga ya

    Reply

Leave a Reply