Oli Motor Terbaik Motor Matic Untuk Segala Kondisi!? Ya Pertamina Enduro Bro!

Pertamina Enduro adalah oli motor terbaik untuk segala kondisi. Baik untuk keperluan mobilitas sehari hari atau buat para motoadventurer AKA petualang motor! Kenapa saya bilang begitu? Karena Pertamina Enduro ini memang sudah menemani saya menjelajah berbagai tempat wisata di Indonesia dengan sepeda motor saya. Baik ketika saya menggunakan Vario 110 atau sekarang ketika sudah menggunakan PCX 150 cc. Jadi, memilihkan oli motor matic yang tepat untuk kedua sepeda motor saya adalah sebuah keharusan!

Nah, makanya kali ini saya akan berbagi pengalaman saya mengunakan oli motor terbaik Pertamina Enduro deh. Baik ketika saya masih sering menggunakan sepeda motor Vario 110, atau sekarang setelah saya lebih sering menggunakan sepeda motor PCX 150 untuk touring atau kegiatan sehari harinya.

Sepeda motor buat saya bukan hanya sekedar untuk mobilitas sehari hari saja. Namun sepeda motor ini adalah moda transportasi andalan yang bisa mengantarkan saya sampai pelosok Indonesia dan mengagumi keindahannya. Karena itu saya tidak bisa asal memilih pelumas oli motor begitu saja. Hanya oli motor terbaik seperti Pertamina Enduro yang saya percaya untuk sepeda motor matic saya.

Oli Motor Terbaik Untuk Pengguna Skutik!? Ya Pertamina Enduro!

Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic!? Ya Pertamina Enduro!
Oli Motor Terbaik Untuk Motor Matic!? Ya Pertamina Enduro!

Jangan salah, meskipun saya menggunakan sepeda motor matic, dengan oli motor yang tepat, medan sulit sekalipun tetap bisa saya lewati. Baik itu jalanan aspal lurus, jalan belum aspal, jalur menanjak juga menurun, atau bahkan jalur yang agak ekstrim seperti jalur Padang Pasir Bromo yang cukup sering saya lewati.

Nah, sekarang saya mau berbagi pengalaman sekaligus untuk buktikan ketangguhan Enduro sebagai oli motor pilihan untuk sepeda motor matic. Yang pertama sih, saya mau berbagi dulu beberapa tips memilih oli motor terbaik untuk sepeda motor matic, berdasarkan dari pengalaman saya 10 tahun lebih menggunakan skutik untuk mobilitas sehari hari dan perjalanan jarak jauh.

Tips Memilih Oli Motor Berdasarkan Pengalaman Pribadi Mengunakan Sepeda Motor Matic

Tips memilih oli untuk sepeda motor matic yang benar nih!
Tips memilih oli untuk sepeda motor matic yang benar nih!

Semenjak pertama kami menggunakan sepeda motor matic, saya langsung jatuh cinta dengan teknologi motor ini. Salah satu yang menjadi alasan saya adalah kenyaman penggunaan sepeda motor matic untuk penggunaan jarak dekat atau jarak jauh. Istilahnya, entah mau nyetir ke toko sebelah atau sehari nyetir sampai 500 KM++ dengan matic gak bakal capek.

Karena itu, agar sepeda motor matic saya selalu nyaman untuk dikendarai kemanapun, saya hanya akan memilih menggunakan oli motor matic terbaik. Lalu untuk beberapa hal yang harus diperhatikan ketika memilih oli motor terbaik buat sepeda motor kira-kira dibawah ini. Terutama untuk pemilihan oli motor yang tepat.

  1. Harga oli motor ini harus ramah dengan kantong, murah tetapi tidak murahan.
  2. Oli motor terbaik itu harus bisa melindungi mesin motor dari korosi atau keausan, juga menjaga kondisi mesin tetap bersih.
  3. Pilih oli motor yang bisa meningkatkan efisiensi bahan bakar. Salah pilih oli motor, bisa bisa sepeda motor matic bisa makin boros lho.
  4. Gunakan oli motor yang tepat agar tarikan motor kamu lebih ringan, dan lebih responsif ketika berakselerasi.
  5. Hanya pilih oli motor yang bisa mengurangi gesekan dan menjaga kestabilan suhu mesin motor ketika motor dipacu pada kecepatan tinggi. Karena kalau suhu mesin motor terlalu panas akibat salah pilih oli, motor kamu bisa over heat atau kepanasan. Apalagi kalau buat riding jarak jauh biasanya kan ya sering ngebut.

Nah, beberapa point diatas adalah kiat dari saya untuk memilih oli motor buat sepeda motor matic berdasarkan pengalaman saya menggunakan sepeda motor matic selama lebih dari 10 tahun. Lalu, setelah ini saya mau berbagi nih tentang oli motor pilihan saya ya. Sebelumnya saya memang sempat mencoba beberapa merek, sampai akhirnya sekarang saya selalu setia menggunakan Pertamina Enduro saja.

Oli Motor Terbaik Pilihan Saya Apa?

Pertamina Enduro Matic-G 20W-40 oli motor pilihan saya!

Sudah tentu Pertamina Enduro menjadi oli motor terbaik pilihan untuk sepeda motor matic saya. Baik untuk Vario 110 atau PCX 150. Karena penggunaan oli motor Enduro ini sudah teruji menjaga ketahanan sepeda motor saya untuk touring atau riding jarak jauh. Dua motor ini sudah seering saya ajak melintasi jalanan sampai ribuan kilometer.

Sebenarnya ada banyak jenis oli motor Pertamina Enduro, namun  yang cukup sering saya gunakan adalah Enduro Matic-G 20W-40. Alasannya adalah karena oli motor Enduro Matic-G 20W-40 ini memiliki tingkat kekentalan (viskositas) yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan oli lain yang masih berada pada kelasnya.

Dengan derajat kekentalan atau viskositas SAE 20W-40, membuat oli motor ini lebih optimal menjaga suhu mesin ketika terjadi kemacetan di jalan. Pada tau kan kalau yang namanya macet di Indonesia ini sudah menyebar ke banyak kota besarnya. Jadi, memilih oli yang bisa tetap bisa menjaga kinerja mesin pada kemacetan adalah pilihan yang tepat.

Selain itu, tingkat kekentalan Enduro Matic-G 20W-40 ini juga cocok digunakan untuk motor matic baru atau lama. Kebetulan, saya memang menggunakan dua motor matic. Yang satu Vario 110 tahun 2010, dan satunya PCX 150 tahun 2019, jadi ya biar sekali beli buat dua motor gitu. Gak perlu lagi ribet beli oli motor yang berbeda.

Selain itu, kualitas dari Enduro Matic-G 20W-40 ini sudah berstandar JASO MB, standar Jepang untuk sepeda motor matic 4 tak. Jadi enggak ada lagi keraguan memilih Pertamina Enduro sebagai oli motor terbaik untuk kedua skutik yang saya pakai sehari hari. Nah, bagaimana dengan kamu? Apakah pengguna oli motor jenis ini juga?

Berapa Harga Oli Motor Matic Enduro?

Harga oli motor matic pilihan saya ini ramah kantong.
Harga oli motor matic pilihan saya ini ramah kantong.

Jadi berapa harga oli motor Enduro Matic-G 20W-40 yang biasa saya pakai ini? Yang jelas harganya tidak terlalu mahal, sekitar 30-40 ribuan rupiah tergantung toko yang menjual dimana. Tapi yang pasti, masa pakai oli enduro ini hingga ribuan kilometer, jadi ya termasuk murah banget deh.

Rekomendasinya sih ganti oli sepeda motor itu tiap 2500 KM sekali. Namun, kalau kamu menggunakan Enduro Matic-G 20W-40 ini, kelupaan dan ganti oli setelah 2500 KM lebih dikit gak apa deh!

Seberapa Jauh Saya Bertualang Bersama Enduro?

Baik untuk dibawa jalan jalan di dalam kota atau riding jarak jauh ke luar kota, oli motor terbaik Pertamina Enduro jadi pilihan saya!
Baik untuk dibawa jalan jalan di dalam kota atau riding jarak jauh ke luar kota, oli motor terbaik Pertamina Enduro jadi pilihan saya!

Sejauh ini, oli motor terbaik Pertamina Enduro sudah menemani saya menjelajah berbagai tempat wisata di Indonesia. Beberapa kali saya membawa Vario 110 mengunjungi beberapa kota di Indonesia termasuk Jakarta, hingga blusukan ke salah satu taman nasional terindah di Indonesia. Pada tahu kan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru itu tujuan favorit para biker buat touring seperti motovlog saya touring ke Bromo dibawah.

 

 

 

Atau, pada tahun 2019 kemarin dengan sepeda motor PCX 150 saya bisa menjelajahi keindahan beberapa tempat wisata Idonesia terindah dari Sabang di Aceh, hingga ke Pulau Lombok seperti travel motovlog di channel youtube.com/catperku dibawah.

 

 

Jadi, ketangguhan oli motor dari Pertamina Enduro ini sudah tidak perlu diragukan lagi ya. Dipakai berkendara di jalanan kota yang kadang macet bisa, diajak jarak jauh oke, dipakai off road yang rada ekstrim ya gak ada masalah! Terakhir, saya bawa Enduro keliling Nusa Penida nih!

 

 

***

Nah, sementara segitu dulu ya cerita saya berbagi pengalaman menggunakan oli motor terbaik dari Pertamina Enduro. Semoga cerita saya ditulisan ini bisa bermanfaat. Terutama buat kamu yang masih bingung memilih oli motor matic buat motor kesayangan. Kalau kamu merasa tulisan ini berguna, boleh lho dibagikan ke teman lainnya yang membutuhkan!



Comments

  1. gan, kebetulan ane mau pindah dari oli pabrikan honda ke federal oil nih. dan motor yang ane pake honda beat, kira2 sae yang cocok itu yang berapa ya gan? maklum ane nubi gan hehe

Leave a Reply