Trik Cara Upload Foto Instagram Lewat Komputer

By | June 18, 2017

Sudah pada tahu kan dengan yang namanya Instagram? Instagram itu adalah sebuah sosial media yang memungkinkan kita untuk mengunggah foto-foto cakep. Biasanya sih orang mengunggah foto Instagram dengan menggunakan ponsel pintar mereka. Karena memang aplikasi Instagram awalnya didesain untuk pengguna ponsel pintar.

Namun untuk seorang fotografer atau Instagrammer yang mengambil foto dengan kamera mirrorless atau DSLR. Upload foto instagram adalah sesuatu hal yang agak ribet. Saya sendiri adalah seorang travel blogger yang menggunakan instagram dengan sumber foto dari kamera mirrorles.

Biasanya untuk mengunggah foto ke Instagram setelah mengambil foto, saya memindahkan foto dari kamera ke smartphone dengan wifi. Setelah itu selanjutnya ada proses editing ringan, baru kemudian saya unggah ke akun instagram saya @catperku. Lebih merepotkan lagi kalau saya ingin melakukan editing dengan adobe lightroom.

Saya harus memindahkan file foto dari kamera ke komputer, lakukan editing seperlunya di Adobe Lightroom, pindahkan lagi ke ponsel pintar saya, baru kemudian mengunggahnya ke Instagram tanpa ada proses editing. Lumayan ribet bukan?

Trik Cara Upload Foto Instagram Lewat Komputer dengan Google Chrome

Trik Cara Upload Foto Instagram Lewat Komputer dengan Google Chrome

Nah, sebenarnya sekarang ada cara upload foto Instagram lewat komputer dengan mudah. Cara ini tidak sengaja saya temukan ketika browsing di Internet ketika menganggur seperti biasanya. Caranya seperti apa? Lanjut baca saja nanti pasti tahu, tapi sebelumnya follow instagram saya dulu kalau belum 😀

A post shared by Fahmi (@catperku) on

Sudah follow? Oke, saya melanjutkan pembahasan tentang cara upload foto Instagram lewat komputernya ya. Simak baik-baik!

1. Gunakan browser Google Chrome dan kunjungi Instagram.com

Buka Instagram dengan Google Chrome

Buka Instagram dengan Google Chrome

Ini adalah browser favorit saya karena sangat developer friendly terutama dalam hal web development, hingga hal-hal remeh seperti cara upload foto Instagram lewat komputer ini. Selain itu, untuk sekarang trik ini hanya bisa dilakukan di Google Chrome browser saja. Jadi yang tidak memakai browser ini dan ingin mencoba, silahkan unduh dulu ya. Setelah itu login, dan lakukan langkah selanjutnya.

2. Buka menu Developer Tools

Begitulah, seperti saya sebutkan sebelumnya, Chrome ini sangat developer friendly. Ada banyak hal yang bisa dilakukan selain aktivitas browsing seperti biasanya. Nah langkah selanjutnya agar bisa mengunggah foto ke Instagram lewat komputer adalah dengan membuka menu Developer Tools di More Tools > Developer Tools seperti di contoh yang ada di bawah ini:

Pilih icon 3 titik yang merupakan menu google chrome

Pilih icon 3 titik yang merupakan menu google chrome

Pilih menu developer tools

Pilih menu developer tools

3. Klik logo Ponsel Pintar Dan Tablet yang ada di bagian kiri bawah

Logo itu biasanya memang dipakai untuk testing responsive design, atau apakah sebuah website sudah mobile friendly atau belum. Namun pada update instagram yang terbaru, ternyata malah bisa dimanfaatkan untuk upload foto ke Instagram lewat komputer.

Klik Toggle device toolbar yang ada di kiri bawah

Klik Toggle device toolbar yang ada di kiri bawah

4. Ajaib! Layout website Instagram berubah menjadi seperti dalam aplikasi di Ponsel Pintar!

Untuk mengunggah foto dari komputer atau laptop kalian tinggal klik icon kamera di nomor 2, sementara itu untuk mengganti jenis device klik nomor 1 (Hanya lakukan kalau icon kamera di nomor 2 tidak muncul)

Voila! Tampilan berubah seperti aplikasi Instagram di ponsel pintar kalian

Voila! Tampilan berubah seperti aplikasi Instagram di ponsel pintar kalian

Sekarang, kalian tak perlu repot pegang smartphone dan laptop sekaligus deh kalau mau unggah foto di Instagram. Namun perlu dicatat, kalau mengunggah foto ke Instagram dengan cara ini kalian tidak akan bisa menggunakan fasilitas geolocation dan editing dengan filters Instagram.

Jadi cara ini cocok untuk foto yang sudah dilakukan editing dengan aplikasi lain sebelumnya seperti Adobe Lighttoom. Namun kalian tetap bisa melakukan editing sederhana yaitu cropping, dan menambahkan captin juga hastag seperti biasanya.

5. Sayang cara upload foto Instagram lewat Komputer ini mungkin tidak permanen

Upload Foto Instagram Lewat Komputer

Upload Foto Instagram Lewat Komputer

Bagaimana? Sekarang kalian bisa upload foto ke Instagram lewat komputer kan? Namun perlu dicatat ya, sepertinya ini bukanlah sebuah fitur yang diinginkan oleh Instagram. Bisa jadi ini adalah sebuah bug yang dibuat tidak sengaja. Jadinya saya ya tidak tahu sampai kapan fungsi ini akan tetap bisa dipakai.

Yang jelas, sebelum bug-nya dibenerin, kalian bisa mencobanya deh!

4 thoughts on “Trik Cara Upload Foto Instagram Lewat Komputer

  1. mawi wijna

    weh! ini blog baru lagi keknya, he3 😀

    nice info Mi, lagi ngerti ternyata Instagram “sesederhana” itu hahaha 😀

    Reply

Leave a Reply