Tips Asik Bermain Twitter Di Tahun Politik 2019 Yang Kian Memanas!

By | April 29, 2018

Terus terang, mengamati panasnya lini masa pada pilkada DKI di tahun 2017 kemaren bikin gue sebel. Gue memang bukan orang Jakarta, ke Jakarta juga kalau lagi ada project aja. Namun, sebagai pengguna super aktif social media, gue juga terkena dampaknya secara tidak langsung!

Terutama di social media Twitter dan Facebook. Dua media sosial tersebut, adalah salah satu area pertarungan panas antar kubu yang tengah bertarung di panggung politik. Jadinya, tiap kali tahun politik datang, sakan lini masa akan penuh dengan berita hoax, twitwar, berita gak penting dan propaganda politik yang nggak berguna.

Nah, kali ini saya akan berbagi gimana cara tetap bisa main twitter atau twitteran yang asik meski sudah memasuki tahun politik yang makin memanas di tahun 2019. Caranya bagaimana?

Fitur muted keyword di twitter akan sangat berguna untuk menyaring kata kunci yang tidak ingin kamu lihat! - Illustration by Slate. Image by Prisma Illustration/Thinkstock.

Fitur muted keyword di twitter akan sangat berguna untuk menyaring kata kunci yang tidak ingin kamu lihat! – Illustration by Slate. Image by Prisma Illustration/Thinkstock.

Mungkin banyak yang belum tahu kalau twitter punya fitur yang namanya “Muted Keywords”. Fitur tersebut bisa ditemukan disini: https://twitter.com/settings/muted_keywords

Atau kalau di aplikasi mobile bisa ditemukan di menu : Setting and Privacy -> Privacy and safety -> Muted words

Klik "Setting and privacy"

Klik “Setting and privacy”

Klik "Privacy and safety"

Klik “Privacy and safety”

Klik " Muted words" jika kamu ingin menyaring kata-kata tertentu. Klik "Muted accounts" untuk menyaring akun tertentu.

Klik ” Muted words” jika kamu ingin menyaring kata-kata tertentu. Klik “Muted accounts” untuk menyaring akun tertentu.

Inilah beberapa kata kunci yang saya saring di akun twitter saya.

Inilah beberapa kata kunci yang saya saring di akun twitter saya.

Fitur “Muted Keywords” di twitter ini sangat berguna untuk menyaring kata atau kata kunci agar tidak muncul di linimasa atau timeline twitter kamu. Kalau nggak ada fitur ini, mungkin gue bakal menonaktifkan twitter gue buat sementara ketika tahun politik 2019 makin memanas.

Lantas cara menggunakan fitur Fitur “Muted Keywords” ini gimana?

Untuk versi bahasa inggris kamu bisa baca disini: https://help.twitter.com/en/using-twitter/advanced-twitter-mute-options

Sementara versi bahasa Indonesia bisa dibaca disini. Ini gue kutip dari twitter ya!

Anda mungkin melihat konten dalam Tweet yang ingin Anda hindari. Kami memberi Anda pilihan untuk membisukan Tweet yang berisi kata, frasa, nama pengguna, emoji, atau hashtag tertentu. Membisukan akan menghapus Tweet ini dari tab Notifikasi, notifikasi push, SMS, notifikasi email, Timeline beranda, dan balasan untuk Tweet.

Catatan: Membisukan kata dan hashtag hanya berlaku pada notifikasi dan Timeline beranda. Anda akan tetap melihat Tweet ini melalui pencarian. Balasan dan sebutan yang berisi kata yang dibisukan dan hashtag tidak akan menghasilkan notifikasi, termasuk semua interaksi di balasan dan sebutan tersebut: suka, Retweet, balasan tambahan, dan Kutip Tweet.

Anda mungkin telah memilih menerima notifikasi ponsel bila akun yang Anda ikuti menge-Tweet Jika demikian, membisukan kata dan hashtag tidak akan berlaku untuk notifikasi ini. Anda tetap akan menerima notifikasi seluler tersebut dari akun ini meskipun Tweet mereka berisi kata atau hashtag yang telah Anda bisukan.

Ikhtisar membisukan kata, frasa, nama pengguna, emoji, dan hashtag:

  1. Membisukan peka terhadap huruf besar dan huruf kecil. Contoh:
  2. Jika Anda menambahkan “KUCING” ke daftar bisukan, sebutan apa pun untuk “kucing” akan dibisukan dari notifikasi Anda.
  3. Anda dapat menyertakan tanda baca dalam kata atau frasa saat membisukan. Tanda baca di akhir kata atau frasa tidak diperlukan.
  4. Membisukan kata akan membisukan kedua kata itu sendiri dan hashtagnya. Contoh:
  5. Jika Anda membisukan “unicorn”, maka “unicorn” dan “#unicorn” akan dibisukan dari notifikasi Anda.
  6. Untuk membisukan notifikasi Tweet, Tweet di Timeline beranda, atau dari balasan untuk Tweet yang menyebut akun tertentu, Anda harus menyertakan tanda @ sebelum nama. Melakukannya akan membisukan notifikasi Tweet yang menyebut akun tersebut, namun tidak akan membisukan notifikasi akun itu sendiri.
  7. Kata, frasa, nama pengguna, emoji, dan hashtag hingga jumlah karakter maksimum dapat dibisukan.
  8. Membisukan dapat dilakukan di semua bahasa yang didukung Twitter.
  9. Membisukan diatur ke jangka waktu bawaan Selamanya. Petunjuk cara menyesuaikan jangka waktu bisu ada di daftar di bawah untuk perangkat yang mendukung.
  10. Anda dapat melihat daftar kata yang dibisukan (dan membunyikannya) di pengaturan Anda.
  11. Saran yang dikirim kepada Anda lewat email, atau melalui Twitter tidak akan mengusulkan konten yang berisi kata dan hashtag yang dibisukan.

Catatan: Jika sebelumnya Anda telah menambahkan kata pada daftar bisukan saat fitur tersebut digunakan hanya untuk notifikasi, pengaturan pembisuan bawaan berikut akan diaktifkan: Hanya notifikasiDari siapa punSelamanya. Anda dapat mengedit pengaturan bisukan yang ada kapan pun, petunjuk tercantum di bawah.

Kalau Kata atau kata kunci yang perlu dimasukkan apa saja?

Per hari ini, ketika artikel ini gue tulis, gue udah mendaftar beberapa kata kunci yang gue masukin ke fitur “Muted Keywords” di Twitter. Daftar kata tersebut tentu saja berhubungan dengan hastag atau kata kunci yang terkait dengan tahun politik panas 2019. Kalau mau dicontoh, kata kunci tersebut adalah sebagai berikut:

  • habibthink
  • jokowers
  • #DiaSibukKerja
  • #KitaTetapJokowi2024
  • #presiden2periode
  • bighot
  • ganti presiden
  • PKS
  • 2019GantiPresiden
  • #2019GantiPresiden
  • 2019tetapjokowi
  • cebongers
  • cebong
  • prabowo
  • jokowi
  • bigot

Perlu dicatat, kata kunci tersebut bakalan terus bertambah, dan bakalan sering gue update sampai tahun 2020! Kata kunci tersbut juga sudah gue share di akun twitter gue @catperku seperti dibawah ini:

Ini juga ada netizen yang nambahin kata kunci yang mungkin perlu ditambahkan ke fitur “Muted Keywords” Twitter kalian!

Mungkin saja kamu ada yang perlu, biar main twitter tetep asik meski tahun politik 2019 yang kian memanas segera datang! O iya, kalau ada yang tau cara menyaring kata-kata di Facebook kasih tau gue ya! Terus, kamu juga bisa menambahkan kata kunci yang perlu disaring menjelang tahun politik 2019 yang makin memanas di kolom komentar ya!

Leave a Reply