Kamu Edit Vlog Pake Apa? Software Gratisan? Berbayar? Atau… Bajakan? Perjalanan Mencari Software Video Editing Gratis Nan legal

By | October 13, 2017

Jadi kamu edit VLOG pake Apa? Software gratisan? berbayar? atau… bajakan? Nah kali ini saya akan berbagi perjalanan saya selama mencari software video editing untuk VLOG. Sebisa mungkin yang murah. Namun kalau ada yang gratis nan legal lebih bagus lagi.

Namun sebelumnya saya akan sedikit flashback dimana yang namanay VLOG belum hits seperti sekarang.

Dunia internet semakin rame saja sepertinya sekarang. Dulu mungkin internet hanya rame orang mainan socmed seperti di friendster, myspace, dan multiply. Well, kids jaman now mungkin nggak pernah dengar tiga media sosial yang sempat beken di jamannya itu. Jadi nggak terlalu penting buat dibahas juga.

Sekarang yang masih berkuasa itu ya Facebook, Instagram, twitter dan yang belakangan mulai digandrungi banyak netizen… Youcube, Eh, Youtube ding. Saya sebenarnya kenal youtube sejak jaman kuliah. Tapi bukan sebagai konten kreator di platform media sosial berbasis video itu. Dulu, saya kenal youtube karena dorama Jepang bisa dilihat disana.

Perjalanan Mencari Software Video Editing Gratis Nan legal

Perjalanan Mencari Software Video Editing Gratis Nan legal

Sekarang sih, Youtube lebih terkenal sebagai platform VLOG ya?

Saya kenal Youtube ini juga karena mencoba untuk berkreasi membuat konten di media sosial ini. Yes, saya mulai aktif di Youcube karena yang namanya vlog. Memang belakangan ini Youtube namanya makin naik daun karena sering dipakai untuk upload vlog atau video blog. Saya pun jadi gemes untuk ikut meramaikan bikin Vlog kayak dibawah ini:

Meski saya mulai bikin VLOG, vukan berarti saya berhenti ngeblog ya! Teteup kok. Selain cuap cuap random gak jelas disini, saya masih ngeblog rutin di catperku.com. Namun saya lagi seneng aja bikin konten video lalu saya unggah ke Youtube. Eh, kalau kalian blon subscribe, subscribe Youtube channel saya disini ya: https://www.youtube.com/catperku

Bikin konten youtube ini memang jauh lebih menantang jika dibanding dengan bikin blog yang mungkin bisa hanya perlu mengandalkan… laptop. Bikin vlog atau konten di youtube paling tidak kamu akan memerlukan:

  1. Laptop
  2. Kamera yang bisa rekam video
  3. Software video editor

Selain tiga diatas, kamu juga akan perlu yang namanya skill video editing… eh, nggak juga deh, buat awal yang penting niat mau belajar aja sudah cukup. Saya juga belajar dari nol kok, belajar sambil jalan. Saya nggak ngerti apa-apa waktu bikin video pertama untuk konten youtube.

Ternyata, meski pake modal nekat, plus download software Sony Vegas bajakan, jadi juga video ala-ala saya dibawah ini (Jangan ditiru ya, download software bajakannya, bikin software itu susah, kalau ada duit mending beli asli, kalau terpaksa yaudah lah :p).

Kembali ke masalah kamu bikin VLOG pake apa.

Seperti yang saya sebutkan diatas, saya pertama bikin VLOG pake software video editing SONY Vegas (Bajakan) hingga jadi beberapa video yang kemudian saya unggah ke channel youtube saya. Tapi, lama kelamaan kok ya ngerasa bersalah. Sebagai software engineer yang tau gimana susahnya bikin software, lalu pakai bajakan begitu saja.

Gara-gara itu saya lalu mencoba riset untuk mencari beberapa alternatif software video editing yang bisa mencukupi kebutuhan saya. Syaratnya buat saya yang penting:

  1. Bisa diinstal di laptop sayang OSnya windows, karena saya edit cuma pake laptop
  2. harganya murah kalau harus beli. Namun kalau bisa gratis lebih oke
  3. user friendly, jadi learning curve buat belajar editing gak gede-gede amat.

Sampai sekarang saya sempat mencoba beberapa software video editing untuk bikin VLOG. Sempet nemu yang cocok seperti Final Cut Pro, tapi sayang hanya bisa diinstal di macbook. Sementara saya nggak seneng pake mac jadi saya coret dari daftar software video editing yang mau saya pakai.

Sempat kenal juga dengan Adobe Premiere, bisa buat belajar sampe advanced, tapi harus bayar per tahun. Nggak deh, masih pemula maunya yang murah aja. pernah kepikiran juga buat beli Sony Vegas yang asli, namu ngeliat harganya sekitar 500-an USD, jiper juga kalau masih buat bikin VLOG ala-ala. Kamera idaman aja belom kebeli euy, masak spending ratusan dolar buat beli software video editing yang legal.

Software video editing gratisan juga sempat saya coba beberapa kali. Namun yang saya coba kalau nggak user friendly, ya fitur yang ada nggak memenuhi kebutuhan video editing saya. Ada nemu yang bagus, tapi langsung jiper ngelihat System requirementnya. Saya nemu software editing gratis namanya Davinci Resolve 14 yang fiturnya cukup lengkap sesuai kebutuhan. Namun minimal system requirementnya seperti dibawah ini:

  • Intel i7
  • 32 GB DDR4 3200 SDRAM
  • VGA dengan memory 8 GB
  • Windows 10 Professional (untuk versi windows)

Laptop yang biasa saya pake video editing cuma masuk ke salah satu requirement, Intel i7. Sisanya, ram 32 GB darimana? VGA 8 GB siapa yang beliin? windows sih bisa pake bajakan #eh #jangan.

Setelah sempat pusing cari software video editing yang pas, akhirnya saya nemu artikel yang membahas tentang software video editing yang gratis dan legal. Akhirnya saya mencoba beberapa dari daftar software video editing gratis dan legal tadi. Tentunya, Davinci Resolve tadi langsung saya skip karena masalah system requirement.

Nah, setelah mencoba-coba, saya akhirnya nemu nih software video editing gratis dan legal sesuai kebutuhan saya. Namanya Hitfilm Express 2017, bisa diinstal baik di laptop berbasis windows atau macbook.

Akhirnya saya memutuskan memaki Hit Film Express untuk bikin vlog terbaru di akun youtube catperku

Akhirnya saya memutuskan memaki Hit Film Express untuk bikin vlog terbaru di akun youtube catperku

Spesifikasi untuk menjalankan software video editing Hitfilm Express 2017 ini juga gak terlalu tinggi seperti ini:

  • Windows PC – 64-bit version of Windows 7, Windows 8 or Windows 10
  • Apple Mac – OS X 10.10 Yosemite, OS X 10.11 El Capitan or macOS 10.12 Sierra
  • Internet connection required for online activation and web services
  • Intel Core i3, Core i5, Core i7 or AMD equivalent
  • 4 GB RAM (8 GB or more recommended)
  • Graphics processor with at least 512 MB video memory.
  • 2GB or more recommended for 4K UHD.
  • Earliest graphics cards HitFilm supports:
  • NVIDIA GeForce 9 Series (2008)
  • AMD Radeon HD 5000 Series (2009)
  • Intel HD Graphics 4000 (GT2) (2012)

Dan salah satu yang gak kalah penting, user interfacenya sangat user friendly. Hitfilm Express 2017 ini layout editingnya bisa menyesuaikan layout beberapa software video editing lain seperti Final Cut Pro dan Adobe Premiere Pro. Sebuah fitur extra ordinary untuk sebuah software video editing gratis nan legal teman-teman!

Gak pake nunggu lama, saya pun langsung download,install dan bikin satu vlog dengan menggunakan software video editing Hitfilm Express 2017 dan jadilah VLOG tentang liburan musim panas saya di Jepang seperti dibawah ini:

Seperti waktu belajar editing di Sony Vegas, saya belajar video editing pake Hitfilm Express 2017 ini pake sistem SKS alias sistem kebut semalam. Belajar dalam semalam sambil sekalian bikin VLOG. Itulah kenapa saya langsung suka pake software video editing gratis Hitfilm Express 2017 ini.

Kedepannya saya bakal sering pake ini, dan kalau sudah lancar bikin videonya, saya mungkin akan beli versi premiumnya. Karena versi gratisnya sudah cukup banget kalau hanya buat bikin VLOG sederhana. Kalau punya waktu, mungkin saya juga bakal share tutorial cara menggunakan Hitfilm Express 2017 untuk membuat VLOG sederhana di bloggerpi.

Nah, buat kalian yang ingin mencoba menggunakan software video editing gratis, legal nan powerfull bisa coba download Hitfilm Express 2017 disini. Atau jika ingin mencoba dulu software video editing gratis nan legal lainya bisa coba tengok beberapa daftar nama softwar video editing gratis nan legal tadi dibawah ini ya:

  • Shotcut (Linux, Windows dan Mac) – Download Disini
  • Kdenlive (Linux, Windows dan Mac) – Download Disini
  • Davinci Resolve 14 (Linux, Windows dan Mac) – Download Disini
  • Blender (Linux, Windows dan Mac) – Download Disini
  • IVSEdits LE (Windows) – Download Disini
  • VideoPad (Windows dan Mac) – Download Disini
  • Openshot (Linux, Windows dan Mac) – Download Disini
  • Lightworks (Linux, Windows dan Mac) – Download Disini
  • Go Pro Studio (Windows dan Mac) – Download Disini
  • Windows Movie Maker (Windows) – Biasanya secara default sudah ada di OS windows

O iya, daftar software video editing di atas saya dapatkan dari membaca artikel ini ya.

13 thoughts on “Kamu Edit Vlog Pake Apa? Software Gratisan? Berbayar? Atau… Bajakan? Perjalanan Mencari Software Video Editing Gratis Nan legal

  1. Anne Lesmana

    Wah..kebeneran baru bljr vlogging.. tp pake hape.. nemu artikel ini buat referensi, sapa tau bsk2 ngevlog pake kamera. Btw, Salam kenal.

    Reply
  2. Lia Harahap

    Wah informasi penting banget ini buat vlogger. Tapi aku harus beli laptop dulu biar sanggup terima requirement di atas :'(

    Reply
  3. Sulis

    Dulu tmn2 editor itu sering pke premier ato yang lebih gmpng pinacle. Entah, pinacle msh po nggak..nggak ngerti.

    Reply
  4. Ratna Dewi

    Aku pertama ngedit pakai movie maker, trus pakai i movie, sekarang lagi belajar premiere tapi belom bisa-bisa dan belom menemukan asiknya, haha. Dulu pas masih di film indie malah pernah ngeditnya pakai u-lead, sekarang nggak tau masih ada apa nggak tuh software. Btw, thanks referensi software editingnya ya. Boleh nih dikulik-kulik satu per satu.

    Reply
  5. khairulleon

    ALhamdulillah nemu software buat ngevlog.
    Selma ini aku editing video pake software yang itu-itu aja serasa ga ada perkembanga.
    Skill editingku juga harus naik kelas.
    Nah ini aku aku save dulu deh linknya,
    nanti aku download,
    Btw, yutube bang Fahmi sudahku subscribe sila di subscribe back kalau berkenan,
    aku sedang mencari banyak teman trave vlog nih 🙂

    btw ini link ku youtube.com/khairulleonmedia

    Reply
  6. Heri heryanto

    Movie maker sekarang susah ditemui karna sdh dimatikan microsoft.

    Download bajakan sering risiko kena iklan dan virus.
    Btw hitsfilm bsa insert logo bemtuk file jpg atau png kah?

    Reply

Leave a Reply