Gara-Gara Demo Karyawan Pertamina Protes Ke Menteri Rini Soemarmo, Gue Jadi Inget Tulisan Manufactoring Of Hope Pak Dahlan Iskan

By | July 20, 2018

Menulislah, kalau kamu ingin menjadi bagian dari sejarah!

Gue lupa itu kata-kata siapa. Yang jelas semenjak gue mulai menulis travel blog catperku di tahun 2010, seakan sekarang ini menulis adalah kebutuhan. Gak nulis, rasanya ada yang kurang gitu. Gatel tangan pengen menumpahkan segala sesuatu di pikiran.

Sebagai orang yang selalu aktif di media sosial, saya jarang ketinggalan berita atau isu yang sedang hot. Terakhir gue sempat menulis dan beropini tentang “Monopoli Transportasi Umum Di Bandara” yang sempat viral kemana-mana.

Sementara itu di Facebook, juga sempat rame mengenai polemikĀ pelari Indonesia, Lalu Muhammad Zohri, yang menjadi juara dunia kompetisi lari U20 2018 IAAF (International Association of Athletics Federations) di Tampere, Finlandia, 10 Juli lalu.

Masalahnya sederhana sebenarnya, Zohri memakai Bendera Polandia dalam selebrasi kemenangannya karena tidak ada Bendera Merah Putih Indonesia siap pada waktu selebrasi kemenangan. Namun pihakĀ PASI, Menpora, dan Kemenpora menyanggah informasi soal Zohri memakai bendera Polandia.

Namun, masalah ini sudah clear dan mereda, tidak perlu dibikin rame, toh Zohri tetap menang.

Tapi bukan media sosial namanya kalau tidak penuh dengan masalah untuk diperdebatkan netizen. Yang selalu saya ikuti updatenya tiap hari adalah pergerakan dolar yang kian naik tiap harinya. Gue nggak tahu kalau naik nilai tukar per USD naik sampai 15 ribu rupiah, Indonesia bakalan bermasalah atau enggak.

Namun yang jelas kalau USD menyentuh level 15 ribu per dolar, gue yang seneng. Karena gue punya cadangan USD untuk ditukarkan. Lumayan lah kalau ditukerin~ Bisa buat nambah budget liburan šŸ˜€

Sembari mengikuti berita tentang kenaikan dolar, gue melihat post ini di facebook:

lalu ini….

Ini….

Dan ini…

Ada apa sih dengan Pertamina?

Gue sih bukan orang pertamina, tapi pernah diajak kerja bareng dengan mereka di Cirebon, untuk meliput CSRnya. Pengalaman kerja bareng dengan Pertamina itu saya tuliskan disini: “Jelajah Energi Penggerak NKRI“. Gara-gara ikutan acara itu juga gue jadi sedikit mengerti bagaimana proses kerja disini.

Saya bukan karyawan pertamina ya~ Cuma blogger biasa~

Gue bukan karyawan pertamina ya~ Cuma blogger biasa~

Kalau detailnya dengan yang terjadi dengan pertamina sekarang ini, saya kurang tahu, dan tidak berani gue komentari. Soalnya selain bukan bidang gue, gue males kalau ternyata nanti ada yang bilang HOAX atau Haters.

Tapi gara-gara berita ini, saya malah ingat tentang “Manufactoring Of Hope” atau catatan dan tulisan Pak Dahlan Iskan selama menjabat menjadi Menteri BUMN di era Presiden SBY. Saya memang mengikuti tulisan-tulisan beliau sejak menjabat sebagai Dirut PLN dan berlanjut menjadi Menteri BUMN.

Gue ingat, kok beberapa tulisanĀ “Manufactoring Of Hope”Ā ini ada beberapa yang membahas tentang pertamina. Beberapa menarik untuk dibaca sih, siapa tahu ada yang ingin membaca. Makanya, saya bagikan saja cuplikannya di tulisan ini. Untuk selengkapnya, bisa langsung dibaca pada tautan yang ada di tiap cuplikan tulisannya.

Manufactoring Of Hope

Manufactoring Of Hope

Simak aja, habis bacain lagi “Manufactoring Of Hope”, beberapa catatan pak Dahlan Iskan sewaktu menjabat menjadi menteri BUMN!

Pertamina, Waktu dulu, beli dan ekspansi, sekarang? Hehee~

Pertamina yang Harus Lebih Merdeka

Senin, 19 Agustus 2013
Manufacturing Hope 90

Ucapan selamat itu mula-mula saya ragukan. Karena itu saya tidak segera menanggapi. Masak sih Pertamina sudah berkembang sehebat itu? Sudah bisa masuk Fortune Global 500? Maka, SMS dari wartawan itu saya abaikan.

Tapi, kian sore SMS sejenis terus berdatangan. Kepada salah seorang yang saya kenal tidak biasa guyon, saya balas SMS itu: benarkah Pertamina masuk Fortune Global 500? Beritanya dari mana? Sumbernya tepercaya? – https://dahlaniskan.wordpress.com/2013/08/19/pertamina-yang-harus-lebih-merdeka/

Berhalo-halo Bandung untuk Ekspansi ke Aljazair

Senin, 30 Juni 2014
Manufacturing Hope 134

Akhirnya dua perusahaan BUMN berhasil masuk ke Aljazair. Sebuah negeri yang begitu bangga pada Indonesia. Juga pada Bung Karno. Dan tentu kini juga bangga pada sepak bolanya. Negeri asal usul Zinedine Zidane ini untuk pertama kalinya berhasil masuk babak 16 besar Piala Dunia. Dua BUMN itu adalah PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau Wika dan PT Pertamina (Persero). – https://dahlaniskan.wordpress.com/2014/06/30/berhalo-halo-bandung-untuk-ekspansi-ke-aljazair/

Membuat Pertamina Tidak Diejek-ejek Sepanjang Masa

Senin, 01 April 2013
Manufacturing Hope 71

Hampir saja saya merasa bahagia yang berkepanjangan. Yakni, ketika mengetahui bahwa laba PT Pertamina (Persero) berhasil mencapai Rp 25 triliun. – https://dahlaniskan.wordpress.com/2013/04/01/membuat-pertamina-tidak-diejek-ejek-sepanjang-masa/

Cuplikan tulisan diatas adalah sebagian kecil dari “Manufactoring Of Hope” yang bisa dibaca disini:Ā https://dahlaniskan.wordpress.com/category/catatan-dahlan-iskan/manufacturing-hope/

Leave a Reply