Cara Dapat Uang Dari Blog Itu Gimana Sih?

By | September 4, 2018

Cara dapat uang dari blog itu gimana sih? Sebelum saya melanjutkan pembahasan tentang ini, saya mau menanyakan dulu tujuan kamu menulis blog itu apa? Apakah memang karena hobi, mau cari duit atau iseng? Soalnya memang ada yang tujuan bikin blog itu bukan buat cari duit. Bisa untuk sekedar refreshing seperti yang pernah saya lakukan dulu, bisa jadi sebuah hobi, atau bisa jadi memang sebuah kebutuhan seperti yang sekarang saya tekuni.

Iya, sekarang itu rasanya kalau enggak nulis di blog itu rasanya kok ada yang kurang. Meski masa depan travel blogger Indonesia ya nggak tau bakalan ke arah mana nantinya. Memang, saya tidak tiap hari menulis. Tapi setiap hari pasti ada sesuatu hal yang saya kerjakan pasti berhubungan dengan upgrade skill berkaitan dengan blog, media sosial dan digital marketing. Semenjak kenal dengan blog, seakan saya sudah tergila-gila dengan dunia itu. Sangat dinamis, dan ada banyak kesempatan yang bisa saya dapatkan dari bidang ini. Kalau boleh saya bilang, blogging bukan cuma sekedar nulis! Kalau bisa, saya pengen terus nulis sampai tua deh!

Oke, kembali ke topik cara dapat uang dari blog! Biasanya, disini seorang pemula yang belum pernah menggunakan blognya untuk mencari uang pasti bingung. Saya dulu sih nggak bingung, karena awal mula bikin blog emang nggak ada niat buat cari duit. Tapi kan memang ada yang pengen tahu bagaimana caranya blog yang dibangun dengan peluh keringat ini bisa menghasilkan. Meskipun mungkin itu hanya sekedar sampingan.

Nah, dari pengalaman saya mengelola travel blog catperku.com selama kurang lebih 8 tahun (hampir 9 tahun), saya mencoba berbagi tentang model kerjasama apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang blogger dengan pihak sponsor atau pengiklan. Tapi ingat ya, jangan sampai salah kerjasama. Kalau salah kerjasama dengan partner, bisa berabe. Terakhir saya kerjasama dan berakhir buruk adalah kerjasama dengan UC News yang pengalamananya saya bagikan ditulisan ini. Dan, itu terakhir kalinya saya kerjasama degan layanan penyedia content agregator. Beberapa kali mencoba nggak jelas, dan nggak pernah berakhir baik.

Ada banyak cara dapat uang dari blog. Tapi daripada sekedar uang, lebih banyak pengalaman menarik saya dapatkan dari menulis di blog dan media sosial.

Ada banyak cara dapat uang dari blog. Tapi daripada sekedar uang, lebih banyak pengalaman menarik saya dapatkan dari menulis di blog dan media sosial.

Cara Dapat Uang Dari Blog Itu Gimana Sih?

Sebenarnya ada banyak baget cara untuk cara dapat uang dari blog. Mulai dari dengan dari iklan, paid review. higga cara klasik adalah dari Google Adsense yang nanti juga bakalan saya bahas. Tapi sebelum ke arah dapet duit dari blog, pastikan dulu mindset bukan melulu tentang cari uang. Kamu harus bisa menikmati dulu proses blogging. Kalau ujug-ujug pengen dapet duit dari blog padahal baru mulai bikin blog, ya siap-siap aja stress.

Kok gak dapet-dapet duitnya? Kok nggak ada yang ngiklan? Kok daftar Google Adsense ditolak? Dan segala kok yang lainnya. Kuncinya, nikmati dulu proses, baru bisa menghasilkan sesuatu! Sekarang, mari bahas sumper pendapatan dari kegiatan blogging atau bagaimana cara dapat uang dari blog berdasarkan pengalaman saya!

1. Tulisan Iklan

salah satu cara dapat duit dari blog paling gampan adalah dari Iklan! Paling gampang dari Google Adsense karena tinggal pasang script. Tapi biasanya akan dapat lebih banyak kalau iklan dapat dari Agency periklanan atau dari brand langsung. O iya, iklan disini bukan berarti harus terlihat seperti menjual secara hardsell ya!

Kadang ada tulisan yang sebenarnya iklan tetapi halus. Kata kerennya adalah soft selling begitu. Saya sih lebih seneng kalau tulisan iklan tadi bebas saya tulis dengan gaya sendiri. Namun untuk beberapa kasus, tulisan iklan ini biasanya sudah disiapkan oleh pihak pengiklan, lalu saya tinggal mengunggah tulisan dari pihak pengiklan ke blog saya dengan sedikit editing.

Cara dapat uang dari blog Itu gimana sih? Ada banyak caranya, tapi jangan melulu mikirin dapet duitnya. Harus bisa menikmati proses dari blogging juga.

Cara dapat uang dari blog Itu gimana sih? Ada banyak caranya, tapi jangan melulu mikirin dapet duitnya. Harus bisa menikmati proses dari blogging juga.

Untuk yang seperti ini sih namanya content placement, tapi untuk di catperku.com sudah nggak menerima iklan seperti ini. Karena gaya tulisannya pasti berbeda banget dengan gaya nulis saya. Terus, biasanya budgetnya juga lebih kecil. Jauh lebih besar untuk tipe iklan softselling, dimana saya harus menulis sendiri. Kalau pihak pengiklan tetep kekeuh mau masang content placement, biasanya saya tawarin di blog saya yang lainnya.

Beberapa pengiklan yang mengajak saya kerjasama dengan model content placement seperti ini adalah mereka yang mengincar optimisasi SEO. Biasanya bertujuan untuk menanamkan backlink. Sebelum mengajak kerjasama seorang blogger, bisanya mereka melihat statistic sepertiΒ Alexa Rank , Page RankΒ dan beberapa parameter SEO lainnya.

2. Paid Review

Untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa, biasanya pihak pengiklan akan meminta blogger mereview dengan imbalan tertentu. Entah imbalan itu berupa produk atau jasa. Sebagai travel blogger saya lebih sering mereview hotel, dengan pertukaran berupa menginap gratis. Kalau budget advertising pihak hotel lumayan banyak, saya juga dibiayai transportasi, jalan – jalan disekitar hotel dan kalau kliennya banyak budget, masik dibayar sejumlah uang.

Pun, yang seperti itu lumayan jarang terjadi, baru beberapa kali saya mendapatkan tawaran seperti itu. Pernah dapat karena pihak hotel selain promosi, juga ingin mempromosikan pariwisata setempat. Paling jauh saya dapat klien dari hotel di Singapura, biaya perjalanan dicover, dibayar pake SGD. Namun yang paling sering adalah mereview Hotel dengan barter menginap gratis. O iya, bentuk kerjasama seperti ini biasanya didapatkan kalau blognya memiliki niche traveling ya.

3. Menjadi Penulis Tamu Atau Menulis Untuk Majalah

Ketika kalian semakin ahli menulis di blog, biasanya ada yang akan meminta teman – teman blogger untuk menjadi penulis tamu di blog lain (blog brand). Model kerjasama ini ada yang dibayar, atau hanya sekedar menulis dengan barter backlink. Saya pernah bebrapa kali mendapatkan uang dari jenis kerjasama ini. Tetapi kadang saya menjadi penulis tamu dengan tawaran barter backlink ke travel blog saya. Jadi yang ini sih memang tidak terlalu bisa diandalkan sebagai cara dapat uang dari blog ya. Bisa juga menulis untuk majalah, tapi jarang saya lakukan kecuali diminta. Soalnya males nanyain majalah tersebut lagi butuh konten seperti apa. Jadi nunggu diminta saja.

Selain jalan-jalan gratis dibayar dengan menulis, sesekali saya bisa merasakan pengalaman yang tidak biasa seperi mengunjungi salah satu area pengeboran milik pertamina.

Selain jalan-jalan gratis dibayar dengan menulis, sesekali saya bisa merasakan pengalaman yang tidak biasa seperi mengunjungi salah satu area pengeboran milik pertamina.

4. Jalan – Jalan Gratis Dibayar Dengan Menulis

Point cara dapat uang dari blog yang ini terdengar agak aneh ya?Β “Jalan – Jalan Gratis Dibayar Dengan Menulis”.Β Iya, sebagai travel blogger saya sudah beberapa kali diajak jalan – jalan gratis, tanpa mengeluarkan uang sepeserpun. Malah kadang saya diberi uang saku dan ada bayaran tambahan hanya untuk jalan – jalan. Pun, sebenarnya ini bukan benar – benar gratis loh, setelah pulang saya harus menulis tentang pengalaman perjalanan saya di travel blog yang saya kelola.

Di perjalanpun alih-alih menikmati perjalanan saya malah sibuk dengan media sosial, untuk mempromosikan perjalanan tadi. Tapi asik sih, karena saya bisa jalan-jalan sekalian bekerja ke berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Jepang, Jerman dan masih banyak lainnya.

Untuk tangung jawab menulis setelah trip, beberapa memang tidak menyebutkan saya harus menulis berapa banyak. Tetapi sebagai travel blogger yang semuanya dibayarin saya harus mengerti tanggung jawab saya menulis berapa banyak. Namun ada juga yang menentukan saya harus menulis berapa tulisan di travel blog saya.

Bahkan ada juga yang di hari pertama jalan – jalan harus sudah live satu atau dua tulisan. Jadi setelah seharian cape jalan jalan, malamnya saya harus begadang nulis. Capek. Makanya saya heran kalau banyak yang bilang, jalan – jalan gratis itu enak banget~ Padahal aslinya setelah itu bakal banyak deadline. Hihihi~

Selain dari iklan, jadi pembicara adalah salah satu sumber penghasilan blogger. Ini saya sedang mengisi workshop basic vlogging dan media sosial di Tembagapura, camp pekerja freeport Indonesia. Cara dapat uang dari blog itu bermacam-macam caranya.

Selain dari iklan, jadi pembicara adalah salah satu sumber penghasilan blogger. Ini saya sedang mengisi workshop basic vlogging dan media sosial di Tembagapura, camp pekerja freeport Indonesia. Cara dapat uang dari blog itu bermacam-macam caranya.

5. Pasang Banner Dan Google Adsense

Untuk jenis iklan yang ini, mungkin yang nggak terlalu saya andalkan, karena jarang ada pihak advertiser yang berminat. Meski ada satu dua yang tertarik saya biasanya milih – milih, demi tetap terjaganya tampilan travel blog saya dan tidak semrawut. Satu – satunya pengiklan reguler di sidebar dan beberapa titik banner iklan di blog saya adalah dari Google Adsense.

Meski sekarang belum terlalu banyak, namun pendapatan dari Google Adsense ini minimal bisa menutup biaya bulanan server saya dan bisa untuk biaya liburan sekali setahun. Sekarang sih, saya lagi berusaha memaksimalkan pendapatan dari Google Adsense. Apalagi sekarang USD lagi bagus. Terus, Google Adsense ini penghasilannya cenderung stabil dan naik secara perlahan sebanding dengan naiknya traffic blog.

Jadi boleh dibilang kalau Google Adsense ini adalah suatu investasi jangka panjang yang baik untuk penghasilan pasif. Banyak kok blogger adsens sukses yang sebulannya bisa dapet puluhan juta. Saya sih masih pemula, masih sedikit dan perlu belajar banyak πŸ˜€

6. Ikutan Lomba

Sebenarnya ini bukan cara dapat uang dari Blog yang bisa diandalkan sih. Ya namanya lomba, kadang menang kadang kalah. Tapi entah kenapa akhir-akhir ini saya senang ikutan lomba. Meskipun akhirnya nanti tidak menang, paling tidak saya berhasil mendapatkan pembaca baru. Soalnya kadang kalau ada lomba itu suka pada kepo, liatin siapa aja yang ikutan lomba. Tapi pernah beberapa kali saya lagi hoki, menang beberapa lomba. Hadiah paling besar yang pernah saya dapatkan adalah liburan ke Jepang gratis selama seminggu. Kalau hadiah dalam bentuk barang saya pernah menang lomba dapat drone dan smartphone. Ya lumayan lah daripada lumanyun πŸ™‚

7. Jadi Buzer

Ada yang punya rencana liburan dalam waktu dekat? Gue pengen sih liburan kemana gitu~ Hunting foto, bikin konten traveling, dan dapetin pengalaman baru! Apalagi udah sebulanan ini gak kemana-mana sama sekali~ Kabarnya bakalan ada yang namanya #GOTF2018! Besok @garuda.indonesia bakal ngadain Garuda Indonesia Online Travel Fair yang diskonnya sampe 75%. Menarik kan? Nah, yang punya rencana liburan dan mau dapet tiket murah, catet baik-baik! #GOTF2018 bakal dimulai tanggal 24 Agustus besok. Travel fair ini online, Jadi gue ga perlu keluar ongkos jalan lagi, tinggal duduk depan laptop buka www.garuda-indonesia.com/gotf lalu hunting tiket murah! Mau saingan sama gue murah-murahan tiket? πŸ™‚ #catperku #liburan #tiketpromo #liburanseru #spon

A post shared by Fahmi (@catperku) on

Sebenarnya ini nggak langsung berhubungan dari blog. Tapi karena blog berkembang, media sosialnya seperti instagram, twitter dan facebook ikut berkembang. Nah, kalau sudah sampai pada titik bisa dimonetise, biasanya akan ada tawaran dari pihak pengiklan untuk jadi buzer. Beberapa kali media sosial catperku.com @catperku di Instagram mendapat pekerjaan sebagai buzer dan influencer. Nah, berarti jadi buzer ini adalah salah satu cara dapat uang dari blog ya. Blog atau travel blog memang memiliki nilai jual lebih lho, meski sudah ada instagram sekalipun. Bahkan ada beberapa instagrammer yang dulunya nggak aktif di blog mulai bikin blog.

8. Bikin Vlog Lalu Di-Monetize

Yang namanya vlog atau video blog Ini baru saya mulai sih. Dari prediksi kasar saya, ada kemungkinan kedepan konten video itu lebih diminati oleh netizen. Makanya belakang ini saya mulai rajin bikin konten video di channel youtube saya youtube.com/catperku (subscribe juga dong). Kalau sudah memenuhi persyaratan, konten youtube juga bisa dimonetize lho. Bisa dihubungkan dengan google adsense. Dulu sih sudah dapat sedikit dari youtube.

1. Vlog Perjalanan di Tembagapura

2. Vlog launching Kampung Tenun Warna Warni Di Bau Bau CSR Pasific Paint

Cuma karena peraturan baru dari youtube.com, channel saya gak bisa dimonetize lagi. Sekarang lagi merangkak lagi kumpulin subscriber tembus diatas 1000. O iya, selain dariΒ  google adsense, penghasilan youtube bisa juga dapat langsung dari pihak pengiklan lho. Misalnya, karena saya rajin bikin vlog selama 2 tahun belakang ini, saya diundang jadi pemateri untuk berbagi ilmu basic vlogging di Timika dan Tembagapura. Atau diajak kerjasama oleh salah satu brand cat untuk meliput kampung warna-warni di Bau Bau.

9. Jadi Pembicara

Selain dari iklan, ada lagi cara dapat uang dari blog dengan menjadi pembicara. Biasanya kalau ngeblong satu niche dan menguasai tema suka diminta jadi pembicara atau jadi nara sumber. Meski tidak sering, pendapatannya sih lumayan. Tapi saya nggak begitu memikirkan penghasilan dari yang ini sih. Jadi berani ngomong di depan publik aja sudah menjadi sesuatu hasil yang luar biasa. Soalnya dulu saya orangny super introvert dan suka demam panggung. Jadi patut saya syukuri kalau sekarang saya sudah berani tampil di depan publik, dan berbagi sesuatu yang menarik di depan umum. Ya, meski kadang masih suka grogi sih. Tapi saya selalu berusaha untuk belajar menjadi public speaker yang lebih professional.

10 Jadi Blogger Yang Ngantor

Cara dapat uang dari blog yang lainnya adalah dengan menjadi blogger yang ngantor! Eh, gimana tuh maksudnya? Bukannya blogger itu termasuk profesi freelancer ya? Percaya atau enggak, saya pernah dikontrak jadi travel blogger. Jadi memang kalau sesuatu diseriusin dari hati dengan sungguh sungguh, lambat laun pasti menghasilkan. Paling enggak, itu yang saya percaya sejak dulu!

Hal paling absurd selama hidup saya, pernah dikontrak sebagai travel blogger!

Hal paling absurd selama hidup saya, pernah dikontrak sebagai travel blogger!

Nah, kira – kira itu pengalaman saya cara dapat uang dari blog. Blog untuk sampingan atau hobi yang menghasilkan, semua terserah kalian. Pun saran saya, jangan niat menulis blog hanya untuk mencari uang semata. Anggap uang itu bonus dari kerja keras hobi menulis yang menyenangkan. Siapa tahu ada yang tertarik dengan tulisan kalian, dan mengajak kerja sama jangka panjang. Yang namanya rejeki sudah ada yang mengatur kan πŸ™‚

PS: Artikel ini pernah saya tulis di kompasiana beberapa tahun lalu, saya update lagi dengan insight baru. Yang dikompasiana mau saya takedown saja, karena kayaknya yang baca dikit πŸ˜€

17 thoughts on “Cara Dapat Uang Dari Blog Itu Gimana Sih?

  1. Aminnatul Widyana

    Masuk nih tipsnya. Tp krn sy bukan travel blogger jadinya belum pernah jalan2 gratis kecuali ikutan rekreasi sekolah tempat ngajar dulu atau sekolah tempat kerjanya suami wkwkwk… Yang paling banyak sih dr lomba2 itu. Emang lumayan deh kalo menang

    Reply
  2. Ikrom

    selama ini aku mengandalkan GA aja dari ternak blog dan JV dari beberapa teman blog yang udah malang melintang di dunia ini
    beberapa kali sih menang blog
    cuma, belum bisa kusebut penghasilan aja karena ya ada pekerjaan tetap di dunia nyata
    buat selingan aja
    yang penting konsisten menulis aja nanti lak ada rejeki

    tapi salut sama masnya udah pengalaman banyak ya

    Reply
  3. Maya Nirmala Sari

    Wah, senang sekali ya bisa menekuni bidang yang disukai, dapat penghasilan pula! Tapi emang semua kesuksesan penuh perjuangan ya. 9 tahun lumayan juga.

    Reply
  4. Riza Firli

    awal nge blog saya itu dari blog friendster (2006) tapi baru bikin blogspot 2008 sudah 10 tahun. tapi monetize nya 2013 setelah 5 tahun. Dulu kenal SEO pas kerja di agency 2012-akhir 2013 tapi udah gk update lagi seo banyak perubahan ya..

    Reply
  5. Muti

    Saya termasuk yang memetik manfaat dari catperku.com , bisa ga terlalu buta Bali gegara nyamperin postingan Mas Fahmi. Ternyata kehidupan blognya penuh liku juga yah.

    Reply
  6. La Sidin

    Tulisannya enak dibaca mas. Nggak ngebosenin. Jadi tetap lanjut baca sampai akhir. Kalau saya ngeblog udah hampir 2 tahun. Tapi baru serius 2 bulan ini karena baru keterima adsense.

    Dulu biasanya update blog bisa dua bulan sekali, sekarang udah diusahain seminggu 4 kali. Agak susah sih sebenarnya. Apalagi sekarang saya udah aktiv kuliah lagi di Arsitektur. (Kok saya jadi curhat ya, wkwkwk)

    Setelah baca tulisan ini saya jadi kembali semangat buat nambah tulisan di blog. Oh iya, saya juga introvert akut πŸ˜‚. Salam kenal.

    Reply
  7. Blog Sabda

    beberapa cara diatas udah the next step dari seorang blogger kak, seperti jadi pembicara, buzzer bahkan vlpg. karena blogger kan basicnya menulis, memang sih bisa melebarkan sayap ke arah2 situ tentu skill juga harus di upgrade

    Reply

Leave a Reply